facebook

Facebook, situs jejaring terbesar saat ini, sedang melakukan pengetatan setting privacy bagi para anggotanya. Hal ini dilakukan sebagai langkah pengamanan, mengingat jumlah anggota Facebook semakin kian membludak. Juru bicara Facebook, Simon Axten, menjelaskan bahwa ini merupakan kali pertama yang terjadi dalam sejarah internet.

Langkah pengamanan ini berupa pesan pop up yang akan muncul disaat kita login di Facebook. Isinya merupakan himbauan dari Facebook supaya anggotanya lebih berhati-hati dan memperhatikan faktor keamanan akun Facebook pribadinya. Seperti status wall, info profil, hingga foto/video yang di-upload.

Untuk itu Facebook telah merancang 3 opsi keamanan, yaitu Friends, Friends of Friends, dan Everyone dengan fungsi yang berbeda-beda.

Friends adalah jika pengguna Facebook hanya ingin membagi informasi akunnya kepada orang yang tergabung dalam akun Facebooknya saja khususnya untuk data yang sensitif, seperti alamat email atau nomor ponsel.

Pilihan Friends of Friends mengijinkan teman dari teman yang tergabung dalam jaringan pengguna Facebook untuk melihat data yang di-share.

Sedangkan Everyone, berarti informasi yang tertera dalam akun Facebook tersebut dapat diakses oleh siapa saja yang berhadapan dengan internet.

Alternatif lain adalah customize. Di mana pengguna dapat mengatur orang-orang tertentu yang berhak melihat akunnya, yaitu dengan mengetikkan nama pada field yang tersedia.

Menggunakan situs jejaring sosial memang mengasyikan. Tetapi kita tetap harus waspada dan berhati-hati menaruh informasi khususnya hal-hal yang sensitif, melalui situs jejaring sosial.

0 comments

Post a Comment