Tiny Url Goo.gl, Fb.me and Bit.ly media ict file informasi teknologi

Ketika Anda membutuhkan URL yang ringkas untuk mengendalikan sebuah URL yang panjang untuk berbagi informasi dengan teman-teman. Kini, Google dan Facebook memberi perhatian pada Link pendek, sementara bit.ly telah meluncurkan produk untuk blogger profesional dan organisasi berita. Dengan begitu banyak halaman Web yang dipakai melintasi jaringan sosial, e-mail dan mikro-blog, link dipersingkat sebagai pintu gerbang virtual dalam jumlah besar konten yang tersembunyi di balik 15-karakter hyperlink anonim.


Tetapi tidak semua layanan dalam memperpendek link diciptakan sama. Yang perlu diketahui dari Bit.ly, Google dan Facebook, yakni :


Bit.ly Goes Pro


Bit.ly mendapat banyak perhatian awal tahun ini setelah digulingkan TinyURL sebagai layanan memperpendek link resmi untuk Twitter. Tidak bersedia diam setelah itu, mengumumkan bit.ly versi 'pro'. Bit.ly Pro beta memberikan custom nama domain yang mudah bagi Website, blogger dan organisasi berita untuk mengidentifikasi tujuan link dipersingkat. Link yang dipersingkat dari The New York Times misalnya, akan muncul sebagai 'nyti.ms.'


Bit.ly Pro juga akan memberikan pengguna dengan penerbit dashboard real-time yang berisi statistik yang refresh setiap 15 detik. Bit.ly mengatakan statistik penerbit lebih meyakinkan dan lengkap? daripada statistik yang tersedia untuk public.


Sebagai tambahan untuk The New York Times, peserta lain dalam program beta Pro bit.ly termasuk AOL, The Huffington Post, MSN, The Onion, The Wall Street Journal Network dan blogger Baratunde Thurston.


Jika anda tertarik untuk mendaftar untuk program beta Pro bit.ly Anda dapat mengisi formulir aplikasi atau email bitlypro@bit.ly. Sebuah nama pengguna bit.ly diperlukan untuk program beta. Bit.ly tidak menunjukkan apakah akan mengenakan biaya berlangganan untuk layanan Pro bit.ly.


Goo.gl


Dengan Google Toolbar, yang tersedia hanya untuk para pengguna Internet Explorer dan Firefox , Anda dapat menggunakan 'share' ikon untuk menyiarkan halaman Web yang menarik tampilan anda melalui Gmail, Twitter, Facebook, MySpace, Digg, Delicious dan sebagainya. Perhatikan bahwa walaupun terlihat seperti ikon, ikon berbagi-pakai di Google Toolbar tidak sama dengan Shareaholic ekstensi untuk Google Chrome.


Feedburner, sebuah layanan yang memungkinkan Anda menganalisa RSS feed Website Anda, kemampuan untuk meluncurkan feed Anda langsung ke Twitter. Jika Anda mendaftar untuk layanan tersebut, Anda akan langsung ke Twitter akan menggunakan layanan memperpendek Goo.gl. Untuk mendaftar, klik pada account Anda Publikasikan Feedburner tab, lalu pilih 'Socialize link di kolom sebelah kiri dan masukkan rincian account Twitter Anda. Google mengatakan hal ini mungkin membuat layanan Goo.gl tersedia untuk lebih banyak layanan Google di masa depan.


Fb.me di Facebook


Berikut ini adalah trik yang menarik: ketik fb.me ke address bar dan browser Anda akan secara otomatis mengarahkan Anda ke halaman Facebook. Alasan Anda mampu melakukan itu adalah karena Facebook telah mengikuti jalan jaringan sosial lain, terutama Digg, dan menciptakan layanan URL pendek-nya sendiri.


Pertama kali ditemukan oleh Inside Facebook pada hari Senin. Anda dapat menghemat waktu dengan menggunakan Fb.me untuk sampai ke halaman manapun di Facebook dengan mengetikan fb.me/nama ID.


Layanan memperpendek link merupakan ide bagus untuk mengelola URL berukuran panjang untuk berbagi melalui jaringan sosial atau lainnya. Namun, ada risiko mengganggu jika URL yang diperpendek beredar di luar sana. Awal tahun ini, layanan memperpendek link tr.im mengumumkan akan menutup layanan yang pada akhir Desember memicu keprihatinan bahwa banyak link pendek akan mati.

0 comments

Post a Comment